Common Cold

"Biasa.. Lagi Pilek ini, Sob..."

Pilek atau common cold merupakan infeksi saluran pernafasan yang paling sering terjadi terutama pada anak-anak. Pilek menjadi problem sosial walaupun tidak mematikan, penyakit ini sangat merugikan karena setiap orang pasti terjangkit pilek minimal setahun sekali. Jika setiap orang terkena pilek sehingga tidak bisa bekerja minimal 2 hari sedangkan populasi Indonesia per 2016 adalah 261,1 juta orang, maka dalam setahun, Negara Kesatuan Republik Indonesia merugi $ 5,11 juta.

 

PENYEBAB

Menurut Pusat Pencegahan Penyakit Dunia (CDC.gov), belum ditemukan vaksin untuk mencegah pilek karena penyakit ini bisa disebabkan oleh lebih dari 200 jenis virus. Pengobatan spesifik untuk pilek juga belum ditemukan selain antibiotik yang terus bersaing dengan ketahanan virus tersebut. Bayi dan anak-anak lebih mudah terjangkit pilek dibandingkan dengan orang dewasa dan lansia. Bayi dan anak-anak bisa terjangkit pilek 2 - 4 kali dalam setahun sedangkan lansia umumnya terjangkit hanya sekali dalam setahun.

 

TANDA DAN GEJALA

Pilek umumnya disertai panas (38 - 40 deg C) dan batuk yang sangat mengganggu aktivitas penderitanya. Produksi lendir berlebih akibat terjangkit penyakit ini bisa membuat penderita merasa nyeri di bagian kepala, perut, tenggorokan dan bagian tubuh lainnya.

 

PENCEGAHAN

Penyakit dengan tingkat jangkit tinggi ini sangat sulit dicegah dengan vaksin atau imunisasi karena virus penyebabnya sangat cepat bermutasi. Hanya satu cara untuk mencegah penyakit ini yaitu menjaga kondisi vitalitas tubuh dan selalu menerapkan perilaku hidup sehat. Mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral juga membantu vitalitas tubuh tetapi, asupan makanan yg sehat, lengkap dan bervariasi merupakan hal yang lebih penting.